Minggu, 07 Agustus 2016

Untold story rearing a newborn

Setelah melahirkan saya pikir semua akan smooth dan indah. Punya bayi lucu yang siap digendong2. Ternyata oh ternyata setelah bayinya lahir dramanya baru saja akan mulai. Dramanya itu lebih tepatnya perasaan bersalah karena diriku merasa clueless banget sebagai ibu baru. Ngegendongnya masih kurang luwes lah, gantiin popoknya masih mencang mencong, ditambah lagi asi belu keluar pas hari pertama dan kedua setelah lahiran. Lengkaplah diriku berderai air mata tiap kali si princess nangis. Duh maafin bunda ya dek belum bisa jadi ibu yang baik.

Berawal dari asi yang tak kunjung keluar dan ketetapan hati untuk gak ngasih sufor karena katanya kan bayi tahan sampai 3 hari. Hasilnya si princess jado demam dan masuk UGD. Duh rasanya hati diiris iris waktu liat tangan kecilnya dipasang jarum infus. Tangisannya itu menyayat hati duh gusti jangan dia yang sakit kalau bisa aku saja. Rontok sudahlah semua teorinya yang gak boleh minum sufor gak boleh pake dot akhirnya kita semua menghalalkan segala cara yang penting dia bisa minum asi yang waktu itu masih irit2 banget keluarnya. Lima hari berlalu walaupun aku selalu berusaha tenang tapi kadang ibuku yang malah jadi lebay karena omong2 nakes di rumah sakit soal kondisi hima di UGD dulu. Ahh sutralah aku gak mau tau yang penting anaknua sehat terutama juga kondisi mental dan fisikku sehat. Dan akhirnya si princess boleh dibawa ke rumah.

Ceritanya berlanjut ke malam2 begadang karena si princess boboknya siang jadi malem2 di melek. Wajar sih mimik pipis eek ganti2an tapi cukup bikin aku kurang tidur padahal udah di back up ibu. Tibalah suatu pagi waktu merah asi kok susunya encer ya. Mbak rini, asistem di rumah, dengan rural wisdomnya bilang kalau di desa itu susu yang encer gak enak dan bisa jadi karena ibunya masuk angin. Jadi asinya juga gak enak dan bayinya juga gak nyaman. Eh bener lho hasil kerokannya merah2 dan setelah istirahat dan merasa enakan asiya balik lagi kayak full creamnya ultra.

Sebenernya si princess agak rewel bukan cuma karena masuk angin aja tapi kok diriku merasa agak depresi atau mungkin lebih kerennya baby blue. Dulu tu mikir gak mungkin banget diriku kena baby blue secara aku orangnya asik banget gini wuek... Tapi beneran deh depresinya tuh lebih karena merasa gak becus sebagai ibu baru. Gak sempurna. Secara hima kayaknya kok lebih nyaman digendong mbahnya. Jadi keberadaanku sebagai ibunya mungkin gak penting2 amat. Sedih banget deh waktu itu memikirkan kemungkinan itu.

Prasangka itu runtuhlah sudah karena aku sama princess masih connect lho walau dia udah gak dalam kandungan. Dan konektornya adalahh jeng..jeng..jeng..ASI. Yup memang si princess gak nenen langsung tapi entahlah kayaknya setiap tetes ASI yang di minum itu ada kayak info2 kondisi psikis dan emosionalku. Mungkin peranku terlihat minimal karena princess lebih banyak digendong mbahnya. Tapi...siapalah yang bisa menggantikan peranku memerah tetes demi tetes asi. Sejak saat itu diriku bertekad mengenyahkan semua pikiran pikiran negatif. Wis ra usah mikir macem2 gak usah ada perasaan gak nyambung sama anaknya sendiri bagaimanapun darah lebih kental dari air. Mikir yang simpel2 aja semisal target perah asi harian udah fokus itu aja.

Dua minggu lagi princess udah selapan istilahnya udah 35 hari sejak lahir. Kenapa 35 hari karena menyesuaikan sama weton lahirnya. Pokoknya buat orang jawa weton tu jadi patokan dari nentuin nama sampai entar kalo mau milih tanggal nikahan. Habis selapan dia boleh deh diajak jalan2 keluar horeee...

Stay positive and happyy gak cuma waktu hamil tapi juga waktu menyusui dan ngurus bayi kayak sekarang. Fightinggg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar